Mengetahui Cara Berdakwah Ala Rasul

Menyampaikan ajaran agama seringkali disebut dengan dakwah. Hingga saat ini kegiatan tersebut terus berlanjut agar semakin banyak orang mengetahui ilmu yang benar termasuk salah satunya dengan menyebarkan melalui internet seperti dalam website dutadakwah.

Mengenal Cara Rasul Menyampaikan Ajaran Islam Melalui Dakwah

Dakwah sendiri memiliki arti sebagai ajakan atau seruan. Dalam agama Islam seringkali disangkutkan dengan kegiatan menyebarkan ajarannya. Rasul sudah mengajarkan cara melakukannya secara benar dan berikut beberapa informasinya secara singkat:

Auto Draft

  1. Menyampaikan Dengan Cara Santun

Melakukan dakwah ala Rasul identik dengan cara yang santun seperti menggunakan bahasa yang baik serta nada suara lembut bukan berteriak-teriak dan lain sebagainya. Selain itu, dengan melihat terlebih dahulu pada sasarannya agar bisa menyesuaikan kalimatnya.

Saat ini berdakwah dengan cara santun juga dapat dilakukan melalui internet seperti pada dutadakwah. Penggunaan bahasa tetap diperhatikan agar yang membacanya tidak merasa digurui dan tergerak untuk belajar lebih banyak mengenai agama Islam.

  1. Tidak Memaksakan

Dalam berdakwah tidak boleh memaksakan apa yang diajarkan kepada pihak lain. Hal ini juga dilakukan Rasulullah ketika menyebarkan ajaran agama Islam. Beliau hanya menyampaikan dengan segenap jiwa raganya dan memasrahkan hasilnya pada Allah.

Hal ini karena dalam Islam pun tiada mengajarkan kekerasan bahkan pemaksaan karena masalah keyakinan merupakan hak setiap orang yang diberikan oleh Allah. Oleh sebab itu, salah satu cara berdakwah ala Rasul ialah dengan tidak memaksakan untuk satu pemahaman.

  1. Bersabar dalam Prosesnya

Menyampaikan ajaran pada sebuah kelompok terutama yang sebelumnya tidak mengetahuinya tentu memerlukan perjuangan keras serta kesabaran tinggi. Terlebih lagi jika mengalami seperti pengucilan, caci maki, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut juga dirasakan oleh para nabi dan rasul ketika menyampaikan ajaran agama Allah. Namun, pada akhirnya, Sang Pencipta selalu membantu bahkan menyelamatkan ketika terjadi bencana maupun adzab tertentu karena mengingkari kebenaran dari para utusanNya.

Berdakwah memang sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik serta tidak memaksakan sebab setiap orang memiliki hak untuk memilih kepercayaannya masing-masing. Tugas umat muslim hanyalah berusaha menebar ajaranNya dan memasrahkan hasilnya pada Allah semata.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mencari sumber lain seperti pada dutadakwah yang memiliki website dutadakwah.org