3 Keutamaan Shalat Sunnah Berdasarkan Ilmu Fiqih

Mengerjakan hal yang wajib tentu saja akan mendapatkan pahala dan menghindarkan dari dosa jika dikerjakan dengan benar. Namun, melaksanakan sunnah juga dapat mendatangkan lebih banyak ganjaran terlebih apabila sesuai dengan ajaran menurut ilmu fiqih yang dianut.

3 Keutamaan Shalat Sunnah Berdasarkan Ilmu Fiqih
Keutamaan Mengerjakan Shalat Sunnah Berdasarkan Ilmu Fiqih

Dalam mengerjakan ibadah pasti akan mendapat ganjaran. Anda bisa mempelajarinya dengan mengunjungi Media Pelajaran Fiqih Online yang berisi beragam informasi mengenai hal tersebut. Berikut keutamaan dari mengerjakan salah satunya yakni shalat sunnah:

1. Ibadah yang Diutamakan setelah Fardhu
Shalat sunnah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan pelaksanaannya setelah fardhu. Beberapa contoh di antaranya ialah tahajud, dhuha, rawatib, dan masih banyak lagi. Banyak keutamaan dari mengerjakannya sehingga termasuk diutamakan.
Hal ini merupakan sabda dari Rasul secara langsung bahwa mengerjakan shalat sunnah seperti dhuha dan tahajud adalah sebaik-baiknya setelah fardhu. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melakukannya terlebih secara istiqomah.

2. Penyempurna Shalat Fardhu
Mengerjakan hal sunnah tentu saja untuk menyempurnakan yang wajib. Hal ini juga berlaku untuk pelaksanaan sholat. Kesempurnaan memang tidak diketahui oleh makhluk namun hanya Allah semata, oleh sebab itu, banyak cara dilakukan agar bisa mencapai kesempurnaan.
Namun, pelaksanaannya tentu tidak boleh melupakan yang fardhu sehingga berjalan beriringan. Jika dilakukan dengan benar maka bisa saling mengisi satu sama lain dan dapat dikatakan sebagai penyempurna pula.

3. Penghapusan Dosa serta Peninggian Derajat
Telah dijelaskan dalam ilmu fiqih dari masing-masing ibadah, bahwa mengerjakan hal sunnah dapat menghapus dosa dan juga meninggikan derajat yang melakukannya. Berlaku untuk shalat baik dhuha, tahajud, rawatib, hajat, dan lain-lain.

Namun, sebaiknya shalat sunnah tersebut dilakukan secara rutin dan istiqomah dengan harapan hanya mengharap ridho Allah semata. Penghapusan dosa dan peninggian derajat adalah ganjaran dari pelaksanaan ibadah tersebut untuk hambaNya.

Melaksanakan hal yang bersifat sunnah tentu saja akan mendapatkan tambahan pahala atau ganjaran. Namun, tak hanya itu ternyata ada banyak keutamaan lain seperti tiga hal di atas. Oleh sebab itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukannya terutama sesuai kemampuan.

Anda dapat mempelajari hal lainnya dengan membaca kitab-kitab fiqih atau tulisan dari ustadz serta ulama shahih dan dapat dipertanggungjawabkan kelimuannya.